Home » , , , » Kunci Jawaban Soal Essay Sistem Operasi Jaringan

Kunci Jawaban Soal Essay Sistem Operasi Jaringan

Berikut ini saya post tentang soal dan jawaban soal essay sistem operasi jaringan. Kunci jawaban ini merupakan bahan belajar untuk mempersiapkan ulangan atau ujian TKJ sistem operasi jaringan. Saya tidak menyarankan penggunaan untuk menyontek atau untuk kegiatan pelanggaran lain yang melumturkan nilai kejujuran dalam diri anda. 


Berikut ini bank soal essay pelajaran sistem operasi jaringan SOJ

1. Sebutkanlah 5 Fitur jaringan sistem operasi !
  •  Dukungan dasar untuk mendukung hardware port.
  •  Fitur keamanan seperti otentikasi, otorisasi, login pembatasan, dan kontrol akses, nama layanan dan layanan direktori file, mencetak, penyimpanan data, backup dan replikasi layanan
  •  Akses remote atau kontrol jarak jauh.
  •  Sistem manajemen administrasi jaringan dan audit peralatan dengan antarmuka grafis.
  •  Clustering capabilities.
  •  Toleransi kesalahan dan ketersediaan tinggi.

2. Jelaskan apa yang dimaksud denngan Resource sharing?
resource sharing adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok user yang tergabung dalam sebuah jaringan yang bertujuan untuk meningkatkan layanan dan mengurangi biaya pengembangan koleksi. 

Resource sharing tersebut dapat dilakukan dengan kesepakatan formal maupun informal yang diterapkan secara lokal, nasional, ataupun internasional. Sedangkan sumber daya yang di-share tersebut dapat berupa koleksi, data bibliografis, pegawai, dan fasilitas.

3. Secara umum Ada 3 Tahap proses yang harus dilakukan untuk bisa share printer,Yaitu?
  • Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens)
  • Pengaturan pada Komputer Master
  • Pengaturan pada Komputer Cliens

4. Jelaskanlah Apa itu Keamanan Jaringan?


Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan.

5. Sebutkan dua elemen utama pembentuk keamanan jaringan!

  • Tembok pengamanan (baik secara fisik maupun maya), yaitu suatu cara untuk memberikan proteksi atau perlindugan pada jarigan, baik secara fisik (kenyataan) maupun maya (menggunakan software)
  • Rencana pengamanan, yaitu suatu rancagan yang nantinya akan di implementasiakan uantuk melindugi jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman dalam jaringan

6. Sebutkan 5 segi keamanan didefinisikan dari kelima point, yaitu!

  • Confidentiality : Mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Integrity : Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Availability : Mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
  • Authentication : Mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.
  • Nonrepudiation : Mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.

7. Sebutkan 2 macam teknik enkripsi yang biasa digunakandalam sistem sekuriti dari sistem komputer dan network
  • Enkripsi Konvensional.
  • Enkripsi Public-Key

8. Jelaskanlah pengertian dari Audit?

Audit adalah pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor.

9. Sebutkan 4 Prosedur Audit?

prosedur audit yang biasa dilakukan oleh auditor meliputi:
  • Inspeksi Merupakan pemeriksaan secara rinci terhadap dokumen dan kondisi fisik sesuatu.
  • Pengamatan (observation) Pengamatan atau observasi merupakan prosedur audit untuk melihat dan menyaksikan suatu kegiatan.
  • Permintaan Keterangan (enquiry) Merupakan prosedur audit yang dilakukan dengan meminta keterangan secara lisan.
  • Konfirmasi Konfirmasi merupakan bentukpenyelidikan yang memungkinkan auditor memperoleh informasi secara langsung dari pihak ketiga yang bebas.

10. Sebutkan Security Jaringan dengan Pentest?


Penetrasi jaringan adalah proses yang dilakukan oleh seseorang (pentester) untuk masuk ke jaringan atau komputer dengan cara mencari celah keamanan (vulnerability) dalam sistem.

Pentesting sangat diperlukan untuk meminimalisasi celah keamanan yang ada. Dengan begitu seseorang yang tidak punya hak tidak akan mudah masuk ke sistem.

Yang jelas pentest itu intinya mencari celah keamanan dalam sistem untuk selanjutnya melakukan perbaikan (patch) terhadap celah tersebut.

11. Jelaskan pengertian dari Keamanan Jaringan Nsauditor Auditor?

Keamanan Jaringan Nsauditor Auditor adalah keamanan jaringan dan pemindai kerentanan yang memungkinkan komputer audit dan pemantauan jaringan untuk kerentanan memungkinkan, memeriksa jaringan untuk semua metode hacker potensial yang mungkin digunakan untuk menyerang dan membuat laporan potensi masalah yang ditemukan.

Nsauditor adalah sebuah perangkat lunak paket jaringan yang lengkap yang mencakup perangkat jaringan yang lebih dari 45 dan utilitas untuk audit jaringan, scan, koneksi jaringan pemantauan dan banyak lagi.


12. Jelaskan yang anda ketahui Saluran Telepon ke Internet!

Saluran Telepon merupakan perangkat keras yang harus disediakan dalam rangka akan membangun internet. Selain itu dapat digunakan pula handphone atau telepon seluler yang menyediakan modem dalam alat tersebut sehingga memungkinkan dihubungkan dengan kabel data untuk akses internet. 

Dengan handpone atau saluran kabel dan modem dial up kita dapat melakukan akses internet, misalnya melalui Telkomnet Instans tanpa harus mendaftar dulu.

13. Jelaskan yang anda ketahui Konseptual Routing dan Domain!

  • Konsep Routing : adalah hal yang utama pada lapisan internet di jaringan TCP/IP. Hal ini karena pada lapisan internet terjadi proses pengalamatan. Data-data dari device yang terhubung ke internet dikirim dalam bentuk datagram, yaitu paket data yang didefinisikan oleh IP.
  • Konsep Domain : Domain Name System (DNS) merupakan sistem berbentuk database terdistribusi yang akan memetakan/mengkonversikan nama host/mesin/domain ke alamat IP (Internet Protocol) dan sebaliknya.

14. Jelaskan secara singkat Setting Gateway ke Internet!

Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda

Itulah beberapa soal sistem operasi jaringan SOJ dan jawabannya. semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar