Home » » Apa itu PC?

Apa itu PC?

Apa itu PC? - Dewasa ini komputer telah menjadi kebutuhan yang penting. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat banyak produk komputer yang bermunculan. misalkan saja laptop dan handphone.

Lho? Handphone termasuk komputer?

Iya, jika kita mendefinisikan komputer dengan makna sebenarnya maka kita bisa menganggap handphone termasuk komputer. berikut ini penjelasannya.

Apa itu PC?

Menurut wikipedia bahasa inggris, PC adalah komputer elektronik multi tujuan yang memiliki ukuran, kemampuan, serta harga yang sesuai/layak untuk pengguna individu. PC dimaksudkan untuk digunakan oleh end-user (masyarakat umum).

Sementara menurut wikipedia bahasa indonesia, PC (Personal Computer) merupakan komputer yang banyak diketahui orang umum sehingga bentuknya akrab dengan orang-orang umum.

Dari kedua definisi tersebut dapat kita definisikan sebagai berikut; "PC adalah komputer elektronik yang diperuntukkan pengguna individu dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna tersebut"

Jadi kita bisa menyimpulkan setiap komputer elektronik yang dimiliki seseorang dengan fitur yang dibutuhkannya dapat dianggap sebagai PC (Personal Computer) seperti Handphone yang kita bicarakan sebelumnya.

Komponen PC

Komponen PC sama seperti jenis komputer yang lainnya. John Von Neumann menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama : ALU (Algoritmic Logic Unit), Unit kontrol, memory, dan perangkat I/O. 

Dalam bagan sistem komputer minimal, komponen komputer terdiri dari : 
  • perangkat pemroses/pengolah,
  • perangkat penyimpanan,
  • perangkat I/O, dan
  • BUS.
    *Bagan Sistem Komputer Minimal
Sementara jika bertemu dengan pertanyaan "Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer" jawabannya adalah hardware, software, dan brainware (user). 

Jenis-jenis PC

PC memiliki beragam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ada PC yang ukurannya kecil sampai besar. Berharga ratusan ribu hingga jutaan. 
Berikut ini jenis-jenis PC yang biasa kita temui :

1. PC Desktop

Desktop PC
sumber : pixabay.com
PC Desktop merupakan jenis PC yang terdiri dari beberapa perangkat hardware yang terpisah. Seperti gambar disamping. Monitor, CPU, keyboard, dan mouse merupakan komponen yang terpisah. 
PC Desktop biasa digunakan untuk keperluan kantor yang memerlukan stabilitas dan waktu kerja yang lama.

2. Laptop

notebook
sumber : pixabay.com
Laptop memiliki fungsi yang sama dengan PC Desktop namun hardware pada laptop dirakit dengan kuat sehingga menjadi satu perangkat seperti gambar disamping. Laptop pun bisa dibawa kemana-mana sehingga cocok untuk kegiatan diluar ruangan ataupun presentasi yang tidak berada hanya di satu tempat.

3. Tablet

smartphone
sumber : pixabay.com
Tablet memiliki ciri yang hampir sama dengan smartphone pada umumnya. Hanya saja jika dilihat dari ukurannya tablet memiliki ukuran yang lebih besar. Bisa dibilang tablet merupakan laptop tanpa keyboard karena tablet menggunakan input berua touchscreen. Saat ini tablet juga bisa digunakan dengan keyboard maupun mouse untuk input yang lebih lengkap.

4. Smartphone

handphone
sumber : pixabay.com
Smartphone merupakan PC yang paling banyak dimiliki orang-orang di dunia ini. Dengan bentuknya yang kecil dan sesuai dengan genggaman tangan, smartphone bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi, dengan berbagai fitur yang terus bermunculan smartphone seakan menjadi wabah yang membuatnya seakan menjadi kebutuhan pada saat ini.

Sebenarnya masih banyak jenis PC yang ada. Sebut saja IPad dan IPhone yang belum mau disatukan dengan jenis PC yang lain. 

Namun pada dasarnya semua jenis PC tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai perangkat komputasi yang dikhususkan untuk penggunaan pribadi (personal)

Itulah pembahasan kali ini mengenai Apa itu PC (Personal Computer). Semoga bermanfaat, Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar.










3 komentar:

  1. Makasih bro, jadi tau tentang pengertian pc dan jenis jenisnya :)

    BalasHapus
  2. Apakah ada perbedaan bila memvalidasi dengan pc hanpone dgn pc komputer

    BalasHapus
  3. Terima kasih menambah pengetahuan saya

    BalasHapus