Home » , , » Tips Mendapatkan Nilai Tinggi Bahkan Sempurna Saat UKK

Tips Mendapatkan Nilai Tinggi Bahkan Sempurna Saat UKK

Untuk mendapatkan nilai tinggi atau sempurna saat uji kompetensi kejuruan nyatanya tidak dibutuhkan persiapan khusus. Tak perlu persiapan yang ribet apalagi hingga berniat melakukan hal yang curang untuk mendapat nilai terbaik saat UKK.


Kali ini saya akan memberikan tips-tips untuk menghadapi UKK agar mendapat nilai bagus dan kepastian lulus ujian.

Tips Persiapan UKK

1. Beriman
Semua yang ada di dunia ini, semua ketetapan, nilai bagus atau jelek, lulus atau tidak, semuanya ada dikehendak Tuhan. Dia yang menghendaki apa saja yang akan terjadi dan yang tidak. Perkuat ibadah dan yakin bahwa Tuhan akan memberikan hasil terbaik atas usaha yang kita lakukan.

Jangan sampai ibadah hanya dijadikan suplemen untuk menghadapi ujian saja karena seluruh hidup mungkin adalah ujian yang sedang berjalan. Beribadahlah karena kita butuh dengan Tuhan anda.

2. Sering mengulang praktik
Praktik dan praktik yang terus menerus diperlukan agar kita bisa tahu dan hafal diluar kepala dengan apa saja instruksi yang akan diujikan. Sebenarnya kita pun tak perlu menghafal apapun jika kita terbiasa praktik dan suka melakukan troubleshooting. 

3. Kuasai konsep
Dalam setiap materi maka kita wajib menguasai konsepnya. Ini apa? fungsinya untuk apa? tujuan yang bisa dirasakan atau manfaatnya apa?

Dengan menguasai konsep kita akan lebih mudah mengerti dengan setiap instruksi yang diberikan. Setiap poin bisa langsuk kita kerjakan tanpa menemui kesulitan apapun.

4. Hari santai
Tiga hari sebelum UKK adalah waktu terbaik untuk memastikan penguasaan materi anda sudah matang. Setelah itu beristirahatlah untuk mempersiapkan ujian yang sesungguhnya. Kelelahan atau terlalu memikirkan ujian hanya membuat anda tidak siap.

Pengalaman saya ujian CUMAN KAYA GITU. meskipun ada penguji dari luar namun suasananya tetap biasa saya, malah saya beruntung mendapat pengawas yang menguji sambil mengajak bercanda.

Tips Saat menjalani Ujian

  1. Bawalah peralatan yang tidak disediakan panitia penguji (misal gunting, wearpack, penggaris, dll). Memotong kabel UTP lebih mudah menggunakan gunting biasa karena tang crimping biasanya tidak terlalu tajam dan malah mengakibatkan potongan kurang rapi. wearpack tentunya wajib dan gunakanlah sandal karet saat memasuki ruang ujian. Penggaris saya gunakan untuk mengukur potongan kabel agar sesuai dengan panjang rj-45.
  2. Kerjakan dengan rapi dan bersih. poin kerapian dan kebersihan masuk kedalam penilaian. Banyak siswa yang melupakan hal kecil seperti kabel UTP yang tidak rapi potongannya, kabel potongan berserakan, dan berbagai hal lainnya. Jika saat memulai bersih maka harus bersih pula saat selesai.
  3. Kerjakan soal satu persatu dan langsung uji setiap poin, pastikan setting berhasil. pilihlah poin yang termudah dahulu. Misalkan setting DNS dikerjakan lalu diuji, lanjut ke setting proxy lalu uji. lebih baik uji satu persatu jadi kesalahan bisa mudah diketahui.
  4. Tak usah terburu-buru. Saat saya menjalani ujian dengan sangat santai waktu saya adalah 41 menit. urutan ke 5 selesai. Padahal saya merakitnya sambil bernyanyi.
  5. Buatlah screenshoot setiap langkah yang dilakukan agar bisa mempersingkat waktu saat nanti diperintahkan untuk mengumpulkan laporan.

Tips Saat penilaian

  1. Penilaian akan dinilai urut-urut berdasarkan soal. Pengujian dilakukan seperti yang ada disoal. Menurut saya malah tidak ada soal melainkan perintah, jadi kita tinggal mengikuti dan mempraktikannya. 
  2. Terkadang penguji meminta kita untuk menjelaskan tentang materi yang bersangkutan misalkan subnetting, perbedaan IP public dan IP private, arti seri pada perangkat jaringan, dll. Namun itu sudah hafal diluar kepala jika kita sudah mengerti konsepnya.
  3. Jelaskan dengan bercanda tak masalah namun tetap sopan. Terkadang bercanda bisa menurunkan ketegangan meskipun itu dengan pengawas ujian. Dan itu berlaku saat ujian ini (lihat dulu pengujinya ya). Bercanda tetap boleh namun harus tetap benar saat menjawab pertanyaan dari penguji. 

Sekian tips mendapatkan nilai tinggi atau sempurna saat ujian kompetensi kejuruan. Semoga dengan tips tersebut bisa memberi gambaran untuk yang akan menjalani ujian kompetensi kejuruan.

0 komentar:

Posting Komentar