Home » , » Jenis-jenis Kabel Jaringan dan Fungsinya

Jenis-jenis Kabel Jaringan dan Fungsinya

sumber : pixabay.com
Jenis-jenis Kabel Jaringan dan Fungsinya - Jumlah jaringan komputer di dunia ini sudah sangat banyak. Diantara jaringan-jaringan yang ada ada yang menggunakan kabel sebagai media transmisi (wired) dan ada yang menggunakan perangkat nirkabel (wireless).


Penggunaan jaringan wireless tentu lebih banyak digunakan karena selain praktis karena tidak memerlukan instalasi kabel yang ribet. Namun penggunaan jaringan dengan kabel memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jaringan wireless.

Apa itu jaringan kabel?

Jaringan kabel merupakan jaringan dimana proses transmisi datanya menggunakan media kabel. Koneksi dengan media kabel ini bisa diimplementasikan dalam berbagai jenis topologi ataupun jenis-jenis jaringan komputer. Kabel juga merupakan salahsatu hardware penting dalam suatu pembangunan komputer.

Kelebihan menggunakan jaringan kabel

Meskipun jaringan wireless dinilai lebih dari jaringan kabel baik dari segi kepraktisan maupun efisiensi, namun jaringan kabel memiliki beberapa alasan untuk bisa melebihi jaringan wireless. Ada beberapa alasan jaringan kabel masih banyak digunakan sampai saat ini. 
  • Penggunaan jaringan kabel bisa menjangkau daerah pedesaan yang masih sulit untuk tercapai sinyal radio. 
  • Harga untuk pengadaan hardware jaringan kabel lebih murah dibanding perangkat pembangun jaringan wireless.
  • Jaringan kabel memiliki stabilitas yang tinggi dibanding jaringan wireless.
  • Kekuatan jaringan kabel tidak akan terpengaruh cuaca.

Kekurangan menggunakan jaringan kabel

Terlepas dari kelebihan diatas, jaringan kabel memiliki berbagai kekurangan jika dibandingkan dengan jaringan wireless. Kekurangan tersebut diantaranya : 
  1. Untuk instalasi jarak jauh akan membutuhkan kabel yang banyak. Pekerja yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan kabel juga lebih banyak.
  2. Perlu memperhatikan tempat pemasangan kabel agar terhindar dari berbagai penyebab kerusakan seperti digigit hewan maupun tertimpa pohon tumbang.
  3. Akan sulit untuk merapikan kabel yang sudah terpasang.

Fungsi jaringan kabel

Jaringan kabel berfungsi sebagai media transmisi data dari server ataupun internet, menuju client dengan menggunakan media kabel. Jaringan jenis ini juga memerlukan perangkat penunjang lain yang memiliki kualitas bagus agar proses transmisi data dapat berjalan dengan cepat.

Jenis-jenis kabel jaringan yang banyak dipakai saat ini ada 3, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair, dan kabel fiber optic. Berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis kabel tersebut : 

A. Kabel Coaxial

sumber : google.com/imghp
Kabel coaxial merupakan jenis kabel yang bisa dibilang sudah tua dan jarang digunakan. Kabel coaxial merupakan kabel yang terdiri dari konduktor yang dibungkus dengan beberapa lapisan sebagai isolator. Konektor yang digunakan untuk kabel coaxial adalah konektor BNC (Bayonet Neill–Concelman).

Fungsi kabel coaxial adalah untuk melakukan transmisi kecepatan tinggi dan melakukan pembagian sinyal broadband atau sinyal berfrekuensi tinggi. Kabel coaxial bisa kita temukan pada barang-barang elektronik di rumah seperti pada antena TV dan barang elektronik lainnya. Selain itu kabel coaxial juga digunakan untuk membangun topologi bus dan ring pada jaringan komputer dan juga untuk menghubungkan antena dengan router.

Keunggulan kabel coaxial adalah harganya yang murah dan minim adanya interferensi dengan sistem lain. Tetapi kabel coaxial memiliki banyak kelemahan diantaranya nilai redam yang tinggi sehingga dibutuhkan banyak repeater untuk koneksi jarak jauh, selain itu kabel coaxial memiliki jangkauan koneksi yang terbatas dan fleksibilitas yang lebih rendah dibanding kabel twisted pair.

B. Kabel Twisted Pair

sumber : pixabay.com
Kabel twisted pair merupakan kabel yang paling sering digunakan untuk membangun jaringan. Kabel twisted pair memiliki ciri fisik yaitu kabel yang dipasang secara berlilit satu dengan yang lainnya.
Kabel twisted pair dapat dibagi menjadi 3 jenis kabel.


       UTP (Unshielded Twisted Pair)

Sesuai namanya, kabel UTP merupakan jenis kabel twisted yang tidak memiliki shield atau pelindung. Karenanya kabel jenis ini banyak digunakan untuk instalasi jaringan di ruangan. Kelemahan dari kabel UTP adalah rawan terhadap voltase tinggi dan medan magnet.

       FTP (Foiled twisted pair)

Kabel merupakan kabel yang hampir sama dengan kabel UTP, hanya saja kabel jenis ini memiliki lpisan pelindung berupa foil yang menjadikan ketahanan kabel ini lebih dati kabel UTP.

       STP (Shielded Twisted Pair)

STP tidak jauh berbeda dengan UTP dan FTP. Kabel jenis STP memiliki lapisan pelindung terbaik diantara ketiga jenis kabel twisted. lapisan tambahan ini dapat melindungi bagian dalam kabel dari gangguan magnetik dan menangkal noise.

Dari ketiga jenis kabel twisted diatas yang paling diminati tentu saja kabel UTP. Walaupun memiliki tingkat ketahanan paling rendah namun kabel ini tetap diminati karena harganya paling murah dibanding jenis kabel twisted yang lain.

C. Kabel Fiber Optic (FO)

sumber : pixabay.com
Kabel FO merupakan kabel dengan kecepatan transmisi paling tinggi. Kabel jenis ini biasa digunakan untuk jaringan yang sangat luas, antar pulau bahkan antar benua. Kabel ini terdiri dari bagian dalam yang terbuat dari gelas/kaca. Transmisi dengan jenis kabel ini hampir tanpa hambatan karena saking kecilnya serat optik tersebut.

Keunggulan kabel fiber optic antara lain : 
  • memiliki kecepatan transmisi tertinggi,
  • mampu mentransmisikan sinyal cahaya, dan
  • tahan terhadap gelombang radio.
Sementara kelemahan kabel fiber optic antara lain : 
  • harga kabel sangat mahal,
  • tidak semua ISP menggunakan jenis kabel ini,
  • kecepatan transmisi dibatasi ISP, dan
  • tidak pengaruh besar jika dipasang di jaringan berukuran kecil.
Akhir dari pembahasan ini yaitu penggunaan dari masing-masing jenis kabel disesuaikan dengan topologi, jangkauan area, dan dana yang tersedia. Itu perlu sekali agar nantinya jaringan yang telah dibuat dapat berjalan dengan optimal. 

Sekian pembahasan mengenai Jenis-jenis Kabel Jaringan dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

1 komentar: