Home » » Soal UNBK Jurusan TKJ Diluar Dugaan dan Soal Prediksi (2017)

Soal UNBK Jurusan TKJ Diluar Dugaan dan Soal Prediksi (2017)

Sebentar lagi sudah dimulai UNBK. Saya jadi teringat saat saya mengerjakan soal-soal menegangkan di layar komputer. Spesial walaupun tidak pakai telur. Whaha.

Hari pertama normal-normal saja. Bahasa indonesia lalu matematika, bahasa inggris, hingga hari UNBK keempat dengan mata pelajaran khusus TKJ. What the.... Begitu kesan pertama bertemu soal mapel kejuruan.

Ya tak hanya saya sendiri. Disekitar saya juga bisa diamati murid murid yang kebingungan dengan soal yang dihadapi. Memang tal semua soal, namun kebanyakan memang belum tahu atau paham teori yang disoalkan. Baiklah langsung saya uraikan per poin saja.

Yang pertama yaitu terdapat soal yang hanya teori dari praktik, namun pengertian setiap siswa sangat kurang. Hal ini dibahas guru kejuruan saya langsung dihari yang sama setelah ujian selesai. Memang banyak diantara soal yang sebenarnya hanya praktik yang diteorikan. Namun karena terlalu fokus di praktik banyak istilah istilah yang jadi asing. Padahal semua itu dilakukan dengan lancar saat ujian praktik. Hanya karena teori yang kurang diperhatikan

Yang kedua adalah soal diluar materi jurusan. Munculnya javascript, php, hingga perhitungan rangkaian listrik sangat mengagetkan. Ya bagaimana bisa soal seperti ini muncul padahal tau judulnya atau tahu apa itu saja tidak.

Tapi jujur saja saya ya pahamlah sedikit sedikit. Hasil bergabung dengan grup mahasiswa jurusan komputer dan teknologi informasi. Dan untuk rangkaian listrik masih bisa dilogika sambil mengingat ingat materi fisika smp.

Materi dari mata pelajaran simulasi digital muncul cukup banyak. Pembuatan ebook, pengoperasian microsoft office, dan soal tentang komunikasi, dan soal lain pada mapel ini cukup memakan waktu. Bahkan diantara soal yang belum dikerjakan. Materi simulasi digital masih banyak yang kosong hingga menjelang waktu akhir ujian.

Ya begitulah secuil pengalaman saya saat mengerjakan soal UNBK TKJ yang seru, bikin puyeng, sekaligus berduka :( Bagaimana dengan soal tahun ini? Semoga sukses UNBK 2018 kawan. Jujur aja, jangan nyontek. NYONTEK DOSA ILMU NGGAK BERKAH DIANCAM API NERAKA.



0 komentar:

Posting Komentar