Home » » Godaan Terbesar Siswa IT yang Sering Datang

Godaan Terbesar Siswa IT yang Sering Datang

Saat melakukan suatu hal pasti ada saja godaan yang datang. Tak terkecuali saat belajar. Bagi siswa yang masuk ke jurusan IT khususnya, godaan biasa datang baik dari lingkungan sekolah maupun luar sekolah.

Kasur juga godaan saat mengerjakan tugas dirumah

Agar kita bisa kuat dalam mengatasi godaan-godaan tersebut dibutuhkan motivasi diri sendiri yang kuat karena memang sumber godaan tersebut datang dari luar diri kita.

Berikut ini adalah beberapa godaan yang sering menyerang semangat dan konsentrasi siswa IT pada saat proses belajar.

1. Sosial media
Jaman sekarang mana ada anak yang tidak punya akun sosial media. Minimal akun facebook atau google pastilah punya. Sebagian ada yang hanya digunakan untuk berhubungan jarak jauh, mencari teman sehobi, dan lain lain.

Tak hanya itu facebook juga telah memiliki fasilitas hiburan seperti game, film, dan lainnya. Fasilitas hiburan ini yang sering kali membuat lupa diri dan kecanduan. Waktu pun akan terbuang tanpa apapun tercapai.

2. Game
Berhadapan dengan komputer sudah jadi makanan wajib ya kan? Perasaan bosan, jenuh dengan materi yang itu itu saja pasti akan dirasakan. Game menjadi pilihan banyak orang untuk melepas kejenuhan tersebut.

Memainkan game tidaklah masalah, namun kalau sampai memainkan game saat jam pelajaran berlangsung itu akan jadi penyakit, kebiasaan yang tak baik. Bisa saja guru akan marah jika mengetahuinya.

3. Salin tempel
Salah satu nikmat yang bisa dirasakan saat mengerjakan tugas adalah bisa di copy paste. Apalagi jika itu merupakan tugas yang sangat banyak.

Mau itu berupa tanya jawab, laporan, dan jenis tugas lainnya akan terasa ringan jika dikerjakan dengan tekbik tersebut. Namun pernahkah berpikir jika materi dalam tugas tersebut tak akan masuk jika menggunakan cara tersebut?

4. Nyontek
Yah, kalau yang satu ini semua jurusan punya kesempatan untuk melakukan. Namun khusus anak IT yang terbiasa dengan gadget tentu menyontek bisa jadi lebih mudah. Tak perlu sibuk menghafal materi dan skrip.

Terkadang dengan tempat praktik yang dipenuhi perangkat komputer juga menjadi kesempatan bagus untuk melakukan kecurangan ini.

5. Nilai bagus
Siapa yang tidak mau nilai bagus, tentu semuanya mau. Dengan cara apapun dilakukan untuk mendapatkannya.

Sayangnya banyak yang hanya melihat nilai tersebut menjadi tujuan utama. Padahal yang terpenting dari proses belajar adalah skill yang bisa kita dapatkan. Bukan begitu?

Yah itulah 5 godaan terbesar bagi siswa IT. Sebaik baik nilai adalah yang jujur. Sejujur jujur nilai adalah dari hasil usaha sendiri. Tuhan maha melihat. Usaha sebanding dengan hasil.

0 komentar:

Posting Komentar